5 Bahaya Mematikan Komputer Tanpa Shut Down

Komputer merupakan rangkaian alat elektronik yang mampu membantu dalam mempermudah pekerjaan manusia sehari-hari. Sebagai alat elektronik, komputer tentu rentan mengalami kerusakan, terutama pada bagian hardware. Pengguna komputer yang sedang terburu-buru biasanya seringkali mematikan komputernya hanya dengan menekan tombol power tanpa melalui shut down.
Sebenarnya, itulah kesalahan fatal yang harus dihindari pengguna, karena jika tidak maka komputer bisa mengalami kerusakan yang cukup serius. Berikut bahaya akibat mematikan komputer tanpa shut down.
1. Registry Menjadi Berantakan
Masalah yang akan muncul pertama kali terletak pada sistem operasi, terutama pada registry. Sebagai contoh, misalnya kamu sedang menjalankan sebuah aplikasi, dan secara tiba tiba komputer tersebut mati karena menekan tombol power, maka registry tersebut akan berantakan dan tidak bekerja sesuai dengan fungsinya. Namun, jika kamu mematikan komputer melalui shutdown, maka registry akan menutup secara perlahan dan bergantian agar tidak terjadi kesalahan.

2. Hard Disk Menjadi Bad Sector.
Kerusakan yang paling sering terjadi akibat mematikan komputer tanpa shut down yaitu terjadinya bad sector pada hard disk. Pada dasarnya, piringan yang berada di dalam hard disk akan berputar ketika komputer menggunakan hard disk tersebut. Jika komputer mati dengan paksa, maka hard disk akan berhenti berputar secara tiba-tiba dan akan berhenti memproses apa yang sedang dilakukannya.
3. RAM Akan Bermasalah
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa RAM pada sebuah komputer memiliki peran yang sangat penting. RAM berfungsi untuk membagi tugas atas perintah yang diberikan pengguna untuk komputer. Jika kita mematikan komputer melalui shut down, maka RAM akan menutup semua aplikasi secara baik dan teratur. Namun sebaliknya, jika tanpa shut down maka akan terjadi kerusakan fatal.....sumber